Wisata Kuliner Palembang

Palembang sangat di kenal sebagai kota Pempek , walaupun sebenarnya kota ini menyimpan berbagai macam kekayaan kuliner lainnya yang bercita rasa tinggi.

Ini merupakan catatan perjalanan saya pada bulan Desember 2013, pada kesempatan kali ini, saya merekomendasikan 14 Rumah Makan tempat wisata kuliner di Palembang yang paling nikmat dan sayang untuk dilewatkan, yaitu : Warung Kopi H Madina, Martabak Har, Mie Celor 26 H.M Syafei Z, Pindang Sri Melayu, Pindang Sophia, Pindang Musi Rawas, RM Linggau, Pempek SAGA Sudi Mampir, Tekwan Wak Aba, Es Mamat Lapangan Hatta, Kerupuk Kemplang Suwandi dan ditutup dengan Pesta Durian Palembang.

Yuk kita mulai wisata kuliner di kota tercinta ini :

 

1. Warung Kopi H Madina Kuto

Mencari sarapan pagi makanan khas Palembang, saya pilih Warung Kopi H Madina di jalan Dr M Isa, di kisaran Pasar Kuto Palembang.

Di Warung ini tersedia berbagai macam makanan khas Palembang yang jarang ditemui di tempat lain, seperti Burgo, Lakso, Laksan, Celimpungan dan lain lain. Sebagai catatan, Warkop ini termasuk yang sangat laris, jadi agar tidak kehabisan, sebaiknya kita datang dibawah jam enam pagi.

Warung Kopi Madina Palembang

Burgo dan Lakso hampir mirip, bahan dasarnya sama sama dari tepung beras dan sagu, Burgo dibentuk lonjong sementara Lakso dibuat seperti mie. Kuahnya dibuat dari santan dan ikan (biasanya ikan gabus).  Di Warkop Madina ini,  kuah Burgo bewarna putih, dan Kuah Lakso bewarna kuning (dari kunyit).

Ditambah bawang goreng dan sedikit sambal, Lembutnya burgo berpadu dengan gurih nya kuah santan dan kaldu ikan,  sangat cocok untuk mendampingi kopi di pagi hari.

Ada juga Celimpungan dan Laksan yang masih ber sauadara, keduanya berbahan dasar pempek dengan kuah santan, Celimpungan dibuat bulat, sementara laksan dibuat pipih. Kuah Celimpungan bewarna kuning dan laksan kemerahan.

Selain itu Warkop ini juga menyediakan Nasi Uduk, Pempek, Tekwan, Lupis, Ketan, Srikaya dan aneka Kue Kue lainnya.

Menurut saya yang paling mantap adalah Nasi Uduknya. Nasi Uduk ini lebih enak jika dibungkus - mungkin karena wangi daun pisang nya akan lebih terasa -.  rasa santan nya pas, tidak terlalu berlebihan, berpadu dengan ikan teri, irisan tipis dadar, emping dan sambal, rasanya yang khas dan tidak berubah dari dulu membuat lidah saya ternostalgia masa kecil di Kota ini..

 

 2. Martabak HAR

Martabak HAR Palembang

Belum lengkap ke Palembang, kalau tidak menyantap hidangan yang satu ini, Martabak HAR. HAR sendiri adalah singkatan dari Haji Abdul Rozak, Saudagar Keturunan India ini sudah meninggal tahun 2001, akan tetapi Rumah Makan Martabak Har sampai sekarang tetap bertebaran di seluruh kota ini.

Kali ini saya memilih Martabak Har yang paling dekat dengan kediaman Almarhum Haji Abdul Rozak, yaitu di di Jalan Jend Sudirman, Simpang Sekip Palembang.

Martabak ini berisikan telur (ayam / bebek) dan berkuah Kari dengan campuran kentang, ditambah kuah cuka dan irisan cabai rawit., Ukuran satu porsi nya cukup nendang untuk mengisi perut yang keroncongan.

 

3. Mie Celor 26 Ilir

Mie Celor 26 Palembang
Siapa yang tidak tergoda dengan mie berkuah santan kental dan udang yang terkenal ini. Mie nya berukuran besar seperti spaghetti dan disajikan dengan taburan udang , bawang goreng, potongan telur rebus dan tauge (kecambah). Aroma udang yang khas ini konon berasal dari otak udang satang yang dilembutkan sehingga menghasilkan kuah yang bewarna kemerahan yang kental dan gurih.

Jika masih belum puas dengan rasa udang pada porsi standarnya, Anda dapat memesan tambahan potongan udang yang akan disajikan terpisah.

Berlokasi di Jalan K.H Ahmad Dahlan , dekat Pasar 26 ilir, Mi Celor 26 H M Safei Z ini sayang untuk dilewatkan kalau anda berkunjung ke Palembang, lebih nikmat di santap sebagai sarapan pagi, setelah jogging di bundaran Kambang Iwak Palembang yang tidak jauh dari lokasi ini.

Di hari hari setelah Lebaran, saat warga Palembang yang merantau di luar kota mudik ke kampung halaman, biasanya Rumah makan ini sampai harus memasang Tenda di tempat parkir untuk manampung luberan pengunjung yang membludak.

 

 4. Pindang Sri Melayu Palembang

Pindang Sri Melayu Palembang

Jika berbicara Pindang Palembang, salah satu tempat yang paling recommended adalah Rumah Makan Sri Melayu yang terletak di Jalan Demang Lebar Daun Palembang , dekat Griya Agung (Istana Gubernur Sumsel) .

Tempatnya luas, nyaman dan bersih, di rumah makan ini tersedia beragam jenis pindang dan hidangan khas Palembang lainnya, antara lain Pindang Patin, Pindang Bawung, Pindang Ikan Salai, Pindang Udang, Pindang Tulang, Brengkes Patin, Ikan Saluang Goreng, Pentol / Bedug, aneka sambal dan lalapan.

Pindang nya disajikan dalam tempat khusus yang dilengkapi kompor spritus untuk menjaga agar Pindang tetap panas. dilengkapi dengan irisan nanas, tomat, potongan cabai, dan daun kemangi, rasa nya sangat segar dengan paduan asam manis dan sedikit pedas.

Selain Patin, saya merekomendasikan untuk mencoba Pindang Ikan Salai, ikannya di asap terlebih dahulu sebelum di masukkan ke Pindang, sehingga rasa ikan asap yang gurih berpadu dengan kesegaran kuah Pindang yang asam manis, benar benar paduan rasa yang sempurna, membuat lidah seolah menari nari. dimakan dengan nasi hangat dan sambal mangga (embem) , sulit rasanya menahan diri untuk tidak nambah, bila makan disini, he2x

 

5. Pindang Sophia Kertapati

 Pindang Sophia Kertapati


Sekarang kita menyebarangi Sungai Musi, menuju ke Rumah Makan Pindang Sophia yang terletak di Kertapati, tepatnya di Jalan KHM Asyik Palembang (Jalan ini terletak diantara Kantor Camat Sebrang Ulu 1 dan Kantor Polsek Sebrang Ulu 1)

Rumah Makan ini terkenal dengan udang Satang nya yang berukuran sangat besar (Satang dalam bahasa palembang berarti galah, dinamai demikian mungkin karena kaki udang ini sangat panjang sehingga menyerupai galah)

Selain udang Satang raksasa , Rumah Makan ini juga menyediakan Pindang Patin, Pindang Baung, Brengkes (Ikan yang dipepes dengan durian yang sudah difermentasikan), Ikan patin Goreng, aneka sambal, lalapan dan lain lain

Kuah Pindangnya bewarna lebih kemerahan dengan taburan daun kemangi dan daun bawang yang segar.

Makan disini, lebih terasa nikmat dengan Kemplang Panggang, kemplangnya sangat gurih dan rasa ikannya sangat terasa ( teraso nian iwaknyo )

 

6. Pindang Musi Rawas

Pindang Musi Rawas Angkatan 45

Rumah Makan Pindang Musi Rawas ini terletak di Jalan Angkatan 45 Palembang.

Rumah makan ini tidak terlalu besar dan tempat parkirnya terbatas, sehingga saya sarankan kalau mau mencoba lezatnya pindang disini sebaiknya datang sebelum jam 11 siang.

Seperti Rumah makan Pindang lainnya, Rumah makan ini juga menyediakan beraneka ragam Pindang dilengkapi sambal dan lalapan.

 

7. Pindang Linggau

RM Linggau Palembang

Salah satu tempat makan pindang lainnya yang patut dicoba di Palembang adalah Rumah Makan Linggau,

Rumah makan ini berlokasi di Simpang Empat , Jalan Radial  Palembang

Selain pindang, menu lain yang recommeded disini antara lain Brengkes Patin dan Pepes Ikan Peda.

 

8. Pindang Tulang Bu Darmin

Pindang Tulang Bu Darmin Palembang


Kalau berbicara Pindang Tulang, Tempat makan yang wajib di singgahi tentu Rumah Makan Bu Darmin, Rumah makan ini terletak di Jl A Yani Plaju Palembang (di sebrang kantor Pemasaran Pertamina Region II), dan ada cabangnya di Jl Pangeran Ayin, Kenten, di dekat IndoGrosir.

Kali ini yang dipindang bukan ikan, melainkan tulang sapi (tentu masih ada daging yang melekat di tulang), kuahnya lebih kental dan lebih manis dibanding pindang ikan, tetap dengan taburan kemangi, dan tomat yang menyegarkan.

Perbedaanya lainnya antara pindang ikan dan pindang tulang pada umnya adalah jika pindang ikan bumbu bumbunya tidak ditumis , sementara pindang tulang bumbu bumbunya, seperti bawang, lengkuas, jahe dan lain lain di tumis terlebih dahulu.

Pindang tulang Bu Darmin ini juga dilengkapi potongan daun bawang dan cabai rawit segar didalam kuahnya yang kental, sehingga rasa pedas dapat mengimbangi rasa manis kuahnya.

 

9. Nasi Minyak Abuk Palembang

Nasi Minyak Abuk Palembang


Bosan dengan Pindang, ada kuliner lain yang tidak kalah nikmat, yuk kita coba Nasi Minyak di RM H Abuk yang terletak di Jalan Dr M Isa, 8 Ilir  deket Pasar Kuto Palembang.

di sebut Nasi Minyak, karena merupakan olahan nasi dan Minyak Samin. Lebih lezat dimakan bersama lauk lauk pendamping seperti Malbi Sapi (daging sapi yang dimasak manis dengan kecap dan rempah rempah) , Kari Kambing nya yang sangat mantap, sate pentol, burung punai goreng dan tentu sambal nanas dan acar mentimun nya yang segar.

Nasi minyak nya memliki cita rasa yang pulen, dipadu gurihnya santan dan rempah rempah yang kuat. sementara kari kambingnya bercita rasa cengkeh, kapulaga, ketumbar dan merica  dengan paduan yang pas.

walaupun Rumah makan ini sudah diperluas dari sebelumnya, tempat parkirnya masih sempit, jadi agar lebih mudah menikmati hidangan disini sebaiknya datang di luar jam jam puncak makan siang.

 

10. Pempek Saga Sudi Mampir

Pempek SAGA Sudi Mampir Palembang

Beralih dari menu makan siang yang berat, sekarang saatnya menyantap makanan yang lebih ringan yang cocok dinikmati di Sore hari.

Kali ini saya memilih Pempek Saga Sudi Mampir yang terkenal dengan Pempek Panggang dan Lenggang nya yang lembut dengan rasa ikan yang kuat.

Pempek panggang atau kalau dalam bahasa Palembang nya Pempek Tunu, adalah variasi lain dari Pempek yang jarang ditemui di Kota lain.

Rumah makan Pempek Saga Sudi mampir ini terletak di Jl Merdeka, persis di Seberang Kantor Walikota Palembang, dan saat ini telah memiliki cabang di Jalan Demang Lebar Daun, Palembang, tidak jauh dari Griya Agung (Istana Gubernur Sumatera Selatan)

Pempek Panggang sesuai namanya di masak dengan cara dibakar / di panggang, sementara pempek lenggang, berbahan dasar sama, tetapi dicampur dengan telur bebak dan diletakkan di wadah yang terbuat dari daun pisang sebelum di panggang.

Rasa ikan dari Pempek di rumah makan ini sangat terasa, teraso nian iwaknyo (Pempek disini menggunakan ikan gabus), dengan tekstur yang sangat lembut, sunggguh nikmat dipadu dengan cuka yang pedas, untuk mengobati rasa pedas, Es Kacang Merah yang segar merupakan pilihan yang pas.

   

11. Tekwan Wak Aba Bukit Besar

Tekwan Wak Aba Bukit Besar Palembang


Masih berbahan dasar pempek, Tekwan adalah makanan khas palembang lainnya yang disajikan dengan kuah kaldu udang yang dilengkapi dengan jamur kuping dan irisan bengkuang.

Salah satu Warung Makan yang menyajikan Tekwan paling enak menurut saya adalah Warung Pempek Wak Aba yang terletak di Jalan Srijaya Negara Bukit Besar Palembang (tidak jauh dari Kampus Pasca Sarjana UNSRI menuju simpang Demang Lebar Daun)

Buliran tekwan yang kenyal sangat lezat dipadu kuah dengan irisan udang, jamur kuping, bengkuang,  daun bawang dan bawang goreng.

Jarang ditemui kuah tekwan dengan irisan udang yang banyak seperti di warung ini.

 

12. Es Kacang Merah Mamat Lapangan Hatta

Es Kcang Merah Mamat Lapangan Hata


Disiang hari yang panas, enaknya kita menuju ke salah satu tempat kuliner legendaris lainnya di palembang, yaitu Es Mamat. yang berlokasi di sebuah komplek perumahan elite di palembang, tidak jauh dari Lapangan Hatta Palembang.

tempatnya sangat sederhana, hanya Gerobak Kaki lima biasa, akan tetapi rasanya yang luar biasa telah mengundang banyak orang mencari tempat ini.

Es ini sungguh enak, kacang merahnya yang lembut dan manis, dipadu dengan parutan es, susu , alpukat dan cincau, dijamin membuat anda ketagihan.

Di tempat ini juga tersedia makanan khas Palembang lainnya seperti pempek Panggang, Lenggang, tekwan, model dan lain lain,

tempat boleh kaki lima, tapi rasanya bintang lima bung..

 

13. Kerupuk dan Kemplang Suwandi

Kerupuk Kemplang Suwandi Palembang


Palembang dipenuhi dengan olahan makanan berbahan dasar ikan, salah satunya adalah Kerupuk dan Kemplang yang cocok dijadikan bahan camilan atau teman makan nasi.

Penganan yang satu ini dapat juga dipilih sebagai alternatif oleh oleh dari palembang selain pempek.

Saya memilih Kerupuk dan kemplang Suwandi yang layak untuk direkomendasikan.

Rasa kemplang nya sangat mantaaap, ibaratnya kalau dijadikan teman makan nasi , hanya dengan kemplang ini dan sambal, sepiring nasi bisa ludes.

Toko ini terletak di Jalan Letkol Iskandar , dekat tempat Kursus Bahasa Inggris Syailendra, ada pula cabangnya di jl pengadilan Lama, 15 Ilir Palembang.

Disini terdapat banyak pilihan aneka kerupuk dan kemplang antar lain berbahan ikan Belida, ikan Putak, udang, dan cumi.

 

14. Pesta Duren Palembang

 Duren Palembang

Sebagai penutup, jika anda berkunjung ke Palembang di saat musin Durian (Duren), jangan lewatkan kesempatan untuk berpesta duren,

disini duren duren belamburan sangking banyaknyo.

Kebanyakan durian di Palembang berasal dari Lahat, Muara Enim, Empat Lawang, Lubuk Linggau , Bengkulu dan daerah daerah sekitarnya

Di musim nya, sangat mudah menemukan Durian di Palembang, hampir di semua sudut jalan kota Palembang dipenuhi pedagang durian, antara lain di sekitar Pasar Kuto Palembang, di sekitar pasar 26 palembang, sepanjang jalan Rajawali, sepanjang jalan Demang lebar daun dan lain lain.

Sebagai salah satu sentra penghasil Durian, banyak Kuliner Palembang yang berbahan Durian, antara lain Tempoyak, Brengkes, Lempok, dan lain lain.

Pesta Duren Palembang

Baca juga :

Kamus Bahasa Palembang

 

Sekian dulu ya..

Yuk Wisata kuliner Ke Palembang ...  

Gravatar
mantap dan sangat membantu artikelnya :)

Komentar :

Kilk disini untuk menulis komentar

Google Search

Custom Search

Artikel Populer

Kamus Bahasa Palembang Kamus Bahasa Palembang Saturday, 01 April 2017
Kiat Bisnis dan Investasi di Timor Leste Kiat Bisnis dan Investasi di Timor Leste Saturday, 31 December 2016
Memahami Maraknya Fenomena Hoax Memahami Maraknya Fenomena Hoax Sunday, 25 December 2016